• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

10 Hal yang Tabu Dilakukan pada Windows

Beragam kebiasaan buruk saat berkomputer dapat merusak sistem. Kebiasaan apa saja? Dan bagaimana mengatasinya saat masalah mulai muncul? Dalam Tulisan Ini (Program: Buang semua beban | Autorun: Terapi pelangsingan untuk PC | Services: Nonaktifkan Service Peng­hambat | Driver: Singkirkan sisa-sisa program | Hard disk: Buang sampah ke tong sam­pah).

Bayangkan skenario seperti ini: Anda menginstalasi beberapa program, mendigitalisasi koleksi piringan hitam, serta mencoba mengoptimalkan sistem dengan bantuan tools tuning. Namun, tiba-tiba Windows tampak seperti tersihir, PC menjadi sangat lambat, laporan error bermunculan, dan akhirnya tidak ada lagi yang berfungsi. Satu-satunya solusi masalah: Instalasi XP dari awal. Namun, cara merepotkan seperti ini dapat Anda hindari. Pada ar­tikel ini, CHIP akan menjelaskan bagaimana cara mencegah PC Anda melambat. Program-program terpenting tersedia pada CD/DVD CHIP 12/2008. Dengan tools tersebut Anda dapat melindungi sis­tem dan membuatnya cepat kembali.

Program: buang semua beban

Sebuah XP yang baru diinstalasi pada umumnya akan bekerja cepat dan stabil. Walaupun biasanya memiliki sebuah kele­mahan, sistem cenderung kosong tanpa banyak isi. Untuk browsing dan berkirim e-mail memang cukup, tetapi untuk pengolahan gambar atau produksi video misal­nya, dibutuhkan program-program tam­bahan.

Timbul masalah baru. Semakin banyak software yang ter-install, semakin menumpuknya aplikasi, semakin besar pula hambatan yang muncul di PC. Alasannya, registry menjadi semakin besar dan berat. Untuk itu, aplikasi yang tidak diperlukan harus disingkirkan. Biasanya hal ini tidak menjadi masalah. Namun bila tidak ada program uninstall yang baik ataupun soft­ware diprogram dengan buruk (seperti pada banyak versi beta), akan timbul kesulitan.

SOLUSI: Revo Uninstaller (CD/DVD­CHIP 12/2008) mampu menangani soft­ware yang bandel dan menyingkirkan se­mua jejaknya dari PC Anda. Sofware ini tersedia dalam versi portabel dengan ke­untungan, tidak membutuhkan instalasi. Dengan satu klik, pembersihan dapat dimulai. PC tidak terganggu dan tetap bekerja dengan cepat. Sebuah as­pek positif yang juga dimiliki program portabel lainnya.

Versi portabel OpenOffice misalnya (http://portableapps.com/apps/ office/openoffice_portable) menawarkan fungsi-fungsi yang sama seperti versi bia­sa. Versi ini mengedit dan menambahkan sekitar 6.000 entri ke dalam registry. Bandingkan dengan paket Microsoft Office yang melakukan 45.000 perubahan pada registry saat instalasi.

Tips kami: Di http://www.portableapps.com tersedia ratusan program gratis untuk USB flashdisk yang hampir tidak membe­bani sistem Anda. Misalnya, versi portabel program pengolah gambar Gimp (juga pada CD/DVD CHIP) yang menghemat 2.000 perubahan pada registry.

Autorun: terapi pelangsingan untuk PC

Banyak pengguna PC yang malas sehingga mereka mengatur agar pada saat masuk Windows, program seperti messenger, e-mail client, dan browser web dijalankan langsung. Caranya dengan memasukkan­nya pada folder Startup. Tiga buah pro­gram dalam folder Startup masih tidak masalah. Namun seiring waktu, banyak program ikut start secara otomatis tanpa diketahui.

Saat boot, biasanya program antivirus langsung aktif. Hal ini tidak perlu diubah. Namun, tools multimedia seperti Quick­Time Player dari Apple atau Updater un­tuk Adobe termasuk mudah dibuka secara manual ketika Anda ingin menggunakan­nya. Jadi, keluarkan saja program-pro­gram ini dari folder Startup. Masalahnya, banyak tools dalam folder Autorun yang senang bersembunyi dan tidak tercantum di bawah “Start | Programs | Startup”.

SOLUSI: Tools Autoruns dapat mengung­kap para pelaku. Software ini tersedia di dalam CD/DVD CHIP 12/2008. Aplikasi ini akan menampilkan daftar program yang dieksekusi pada startup dan program apa saja yang penting. Dengan sekali klik, aplikasi ini dapat mendeaktivasi program-program yang lebih baik di-start secara manual.

Services: nonaktifkan service penghambat

Tidak hanya program yang otomatis start bersama PC, tetapi juga service di Win­dows. Ada service yang memang diperlu­kan agar Windows berfungsi dengan be­nar. Namun, banyak pula yang tidak diperlukan, yang hanya akan memper­lambat PC.

SOLUSI: Sebuah utility bawaan Windows dapat membantu Anda. melalui “Start | Run” masukkan “msconfig.exe”. Di situ aktifkan fungsi “Services | Hide all Micro­soft Services” dan deaktivasi semua yang Anda anggap tidak penting. Tidak semua service memiliki kegunaan yang jelas. Tidak perlu khawatir melakukan kesalahan karena perubahan tersebut dapat Anda batalkan kemudian.

Driver: singkirkan sisa-sisa pro­gram

Seiring waktu, banyak driver hardware menumpuk di PC. Pada kasus Anda memiliki sebuah hardware tanpa driver bawaan, Anda mungkin akan mencoba berbagai driver. Setelah banyak yang di­coba, perangkat tetap tidak berfungsi. Si­sa-sisa driver yang tak terpakai tersebut akan memenuhi PC Anda, hingga suatu saat PC bertekuk lutut dalam bentuk crash dan bluescreen.

SOLUSI: Driver harus disingkirkan. Na­mun buatlah terlebih dahulu sebuah backup-copy dari koleksi driver Anda. Di sini tools DriverMax (CD/DVD CHIP 12/2008) dapat membantu mengelola driver Anda. Setelah data di-backup, mu­lailah menyingkirkan driver yang tidak diperlukan dengan tools Windows.

Klik kanan “My Computer” dan buka “Properties | Advanced | Environment Variables”. Melalui tombol “System Varia­bles | New” masukkan nama-nama berikut: “devmgr_show_nonpresent_devices”. Tentukan “1″ sebagai nilai variabel. Kem­bali ke ‘System Properties, klik “Hardware | Device Manager| View | Show hidden Devices”. Kini PC Anda juga menampil­kan driver yang tidak diperlukan dengan warna yang berbeda (pucat).

Jangan langsung menyingkirkan semua driver berwarna pucat dari PC Anda! Mungkin saja driver digicam Anda yang sedang tidak terpasang juga ditampilkan demikian. Jadi, selalu periksalah terlebih dulu, apakah Anda masih membutuhkan hardware yang bersangkutan.

Hard disk: buang sampah ke tong sampah

Koleksi musik dan film biasanya mengon­sumsi sebagian besar kapasitas hard disk. Namun, di samping file MP3 dan klip video, banyak hal lain yang juga memakan tempat hard disk dan dapat disingkirkan.

Masalah: File-file temporer dari browser web serta file temporer dari program seperti audio editor juga dapat memenuhi hard disk. Bila kapasitas harddisk semakin kecil, PC akan melambat. Biasanya file-file temporer tersebut disimpan tersembunyi sehingga sulit dicari.

SOLUSI: CCleaner (CD/DVD 12/2008) dapat melacak file-file yang sulit ditemu­kan dan menyapunya sekaligus. Ia men-scan seluruh hard disk dan menyingkir­kan beberapa gigabytes sampah data dengan baik. Periksalah selalu apa yang akan dihapus CCleaner. Bila Anda tidak ingin file tem­porer program tertentu dihapus, deakti­vasi aplikasi bersangkutan dalam kolom kiri. Selanjutnya, tools tidak akan me­nampilkan file temporer tersebut.

Setelah hard disk dibebaskan dari sam­pah data, giliran Disk Defrag bekerja (CD/DVD 12/2008). Program ini akan melaku­kan defrag hard disk, memperpanjang usianya, serta mempercepat sistem. Kelebihannya, tools ini dapat menyele­saikan tugasnya lebih baik daripada tool defrag bawaan Windows (Windows De­fragmenter).

Font: simpan yang dibutuhkan

Dalam mendesain majalah, kartu ultah atau kop surat, umumnya digunakan ber­bagai font pada PC. Program layout bias­anya akan menginstall font bawaan mere­ka saat instalasi.

Masalah: Windows me-load file-file kecil ke dalam RAM saat startup. Walau sebuah font hanya berukuran beberapa kilobytes, secara keseluruhan font ini akan memakan tempat dan memperlambat booting sis­tem. Karena itu, font yang tidak perlu se­baiknya Anda singkirkan.

Awas: Windows memiliki font sistem yang tidak boleh Anda sentuh. Daftarnya terse­dia di http://www.microsoft.com/typography/. Semua font lainnya dalam folder ‘C:\Win­dows\Fonts’ datang antara lain dari paket Office, sebuah software desain atau se­buah scanner.

Font-font ini tidak selalu diperlukan dan dapat dihapus bila Anda tidak meng­gunakannya. Sayangnya, hal ini agak sulit dilakukan dengan tools konvensional. Font sebelumnya harus diperiksa terlebih dulu, lalu disingkirkan satu demi satu.

SOLUSI: Linotype FontExplorer X yang bisa Anda dapatkan di http://www.linotype.com dapat membuat hidup lebih nyaman. Tools ini menampilkan font dalam sebuah tampilan elegan yang dapat mengingatkan pada layout iTunes. Dengan sekali klik, Anda dapat menyingkirkan font yang tidak diperlukan dari PC Anda.

Tips: Dengan mengaktifkan opsi “View | WYSWIG-Font-Lists”, tampilan akan se­makin jelas. Program akan langsung me­nampilkan bentuk font bersangkutan se­cara langsung.

Virus: tidak ada kesempatan bagi malware

Contoh kasus: Sebuah video klip dari se­buah website menuntut codec tertentu yang belum tersedia pada PC. Dengan sekali klik, ada kemungkinan Anda men-download sebuah virus, bukannya plugin untuk browser web.

Masalah: Bila database virus Anda tidak aktual atau antivirus tidak aktif, penyusup dapat menginfeksi dan melumpuhkan sis­tem komputer Anda. Muncul gejala seperti window terbuka secara misterius, laporan kesalahan bermunculan, dan mungkin saja pencuri online sedang men­guras data personal Anda.

SOLUSI: Dari awal cegahlah malware ke PC Anda. Antara lain dengan meng-up­date database virus setiap hari agar antivi­rus dapat memperingatkan Anda bila ada yang menyusup. Selain itu, cara berselan­car Internet dengan aman juga melindungi Anda dari malware. Artinya, jangan membuka lampiran e-mail bila Anda tidak menantikannya. Jangan pula men-download codec yang tidak dikenal.

Bila Anda tidak yakin, apakah file yang akan Anda download berisi malware, up­load-lah file tersebut ke http://www.virustotal.com. Di sana sejumlah antivirus akan men-scan file Anda. Singkirkan file terse­but bila terdapat pesan warning dari web­site tersebut.

Tools Gmer (CD/DVD CHIP 12/2008) dapat membantu Anda bila virus terlanjur masuk ke PC. Program ini dapat mene­mukan malware jahat yang menghapus jejaknya sendiri. Program ini juga men-scan semua proses yang sedang berjalan, serta melacak modul, file, ataupun kunci registry tersembunyi. Bila Gmer menemu­kan sesuatu yang mencurigakan, program ini akan langsung menyingkirkannya.

Keamanan: dua tidak lebih baik dari satu

Pengendara motor wajib mengenakan helm, tetapi bagi pejalan kaki, helm justru lebih mengganggu daripada melindungi. Serupa bila keamanan pada PC terlalu berlebihan. Satu buah antivirus sudah cukup memadai. Tambahan satu antivirus lagi tidak menjadikan proteksi sistem menjadi lebih baik. Bahkan mungkin saja PC Anda menjadi lelet karena setiap file akan diperiksa dua kali.

Akan menjadi benar-benar bermasalah bila Anda menggunakan dua firewall sekaligus. Dua firewall ini dapat saling menghambat dan tidak ada lagi yang ber­fungsi.

SOLUSI: Satu buah antivirus yang diatur dengan baik sudah cukup memadai.

Awas: Spybot Search & Destroy (CD/DVD CHIP 12/2008) misalnya, bukanlah se­buah antivirus, melainkan sebuah anti spyware. Ia bertugas menemukan software mata-mata, tetapi tidak melacak virus. Anda dapat menggunakannya bersandingan dengan sebuah program antivirus tanpa masalah.

Namun, feature TeaTimer yang terinte­grasi dalam Spybot dapat menjadi ham­batan yang mengesalkan. Hal ini jelas te­rasa setiap kali TeaTimer memberikan notifikasi bahwa sebuah aplikasi melaku­kan perubahan registry. Anda dapat men­deaktivasi feature ini, tetapi dengan risiko proteksi tertentu akan hilang.

Pada kondisi PC mengalami lag ketika harus memplayback video dengan resolusi tinggi dan antivirus berjalan di back­ground sambil memeriksa file, Anda dapat mendeaktivasi antivirus tersebut tanpa risiko. Namun, jangan lupa mengaktifkan­nya kembali saat Anda berselancar Inter­net.

Software: kontrol yang lebih baik

Membakar DVD, melihat acara TV pada PC, ataupun membuat satu e-mail, untuk hampir semua tujuan tersedia suatu free­ware di Internet. Sayangnya, tidak semua freeware bersifat jujur. Kadang di baliknya tersembunyi adware. Spyware yang menyamar sebagai anti-spyware atau antivi­rus adalah salah satu program yang paling berbahaya. Bila Anda men-download dan menginstalasi program semacam itu, umumnya puluhan popup window akan terbuka atau Anda terus menerus dibe­lokkan ke sebuah situs web tertentu. Seka­li bersarang pada PC, spyware atau ad­ware sulit disingkirkan.

SOLUSI: Periksalah selalu sumber down­load. Lebih baik mempercayai website yang telah diperiksa isinya atau langsung saja ke website pembuat software bersang­kutan. Pikirkan baik-baik, apakah Anda benar-benar membutuhkan software tersebut? Bila software tersebut tidak dike­nal, carilah nama program tersebut di search engine besar seperti Google dan kombinasikan dengan istilah seperti spy­ware, adware, ataupun malware.

Bila sudah ada spyware pada PC, biasanya program seperti Spybot Search & Destroy atau Hijack This (CD/DVD CHIP 12/2008) dapat membantu. Feature yang sulit disingkirkan adalah toolbar Firefox atau Internet Explorer yang kadang diser­takan pada freeware. Saat instalasi, Anda dapat mendeaktivasi toolbar tersebut. Na­mun bila Anda lupa, ia sudah bersarang dalam browser. Toolbar tidak dapat disingkirkan melalui Control Panel, karena tidak tampak di sana. Biasanya, Revo Un­installer dapat membantu menemukan dan menyingkirkannya.

Selain itu, Microsoft menyediakan se­buah sarana default untuk mengatasi soft­ware yang mengesalkan, System Restore. Sebelum Anda menjalankan instalasi yang panjang, buatlah sebuah restore-point di bawah “Start | All Programs | Accessories| System Tools”. Setelah restore, PC kembali ke kondisi yang sama seperti sebelum instalasi software.

Tuning tools: proses backup sistem

Tersedia banyak tools praktis untuk mem­buat PC yang lelet berlari cepat. Tools ini dapat merapikan PC, menjaga registry tetap bersih, menyingkirkan driver yang tidak perlu, serta menghapus shortcut dan file pustaka DLL yang tidak berguna.

Selama tools bekerja dengan baik, tidak akan ada banyak masalah. Namun, bila ada error di program, masalah dapat men­jadi besar. Gangguannya dapat berupa shortcut yang tidak berfungsi, printer yang tidak dikenali PC, hingga crash be­sar-besaran yang mengharuskan Anda menginstalasi ulang.

SOLUSI: Sebelum memulai tuning, back­uplah data Anda. Buatlah sebuah image dari seluruh sistem. Anda dapat melaku­kannya dengan menggunakan DriveImage XML (CD/DVD CHIP 12/2008). Aplikasi ini membackup seluruh hard disk dengan bantuan Volume Shadow Service (VSS) dari Microsoft.

Copy “bayangan” tersebut dapat Anda buat ketika sistem sedang beroperasi. Bila saat tuning ada yang salah, copy kembali image “bayangan” tersebut dan sistem Anda kembali ke kondisi semula. Kadang sebuah sistem restore point dari Windows sudah memadai, tetapi untuk amannya buatlah sebuah backup lengkap.

Selain itu periksalah selalu pada tools tuning pilihan Anda, apa saja elemen-ele­men yang disingkirkan dari PC. Hal sep­erti itu bisa saja membuat terhapusnya suatu entri registry penting dari PC. Aki­batnya, sejumlah program tidak dapat lagi berfungsi. Patrick@CHIP.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: