• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

Daftar Software Gratis Freeware, Hukum Islam Tentang Program Bajakan, Crack, Serial Number, Keygen, Key

er

Masih banyak orang-orang yang tidak tau apa yang dimaksud software/program komputer bajakan.Banyak dari kita mengira kalo sudah membeli CD program ato menyewanya mengira kalo software tersebut asli. Untuk itu saya akan membahasnya di sini.

Jenis lisensi software berdasarkan biaya:

  1. Yang gratis:freeware,gpl,mpl. Lisensi ini memperbolehkan kita bebas mendownload, menggunakan dan mengcopy secara gratis. Namun tidak boleh menjualnya atau menyewakannya.
  2. Yang tidak gratis: commercial, shareware, demo,free trial, nah software lisensi inilah yang dibajak.
    Software dengan lisensi ini biasanya memperbolehkan pengguna untuk mencobanya secara gratis selama waktu tertentu misalnya 30 hari atau dengan fitur terbatas.Setelah waktu uji coba tersebut selesai program tidak dapat digunakan. Jika kita ingin terus menggunakannya kita harus membeli lisensi di website pembuat software tersebut yang biasanya berupa serial number. Serial number ini pun ada batasan pemakaiannya, semisal single user (hanya boleh digunakan oleh satu orang di satu komputer atau lebih) atau single computer (hanya boleh digunakan di satu komputer oleh satu orang atau lebih). Apabila penggunaannya lebih dari batasan tersebut harus membeli lisensi tambahan. Contohnya untuk lisensi single computer, jika ingin menginstal di 5 komputer berarti harus membeli 5 lisensi juga.

    Nah oleh cracker(orang yang merubah-rubah isi software, biasanya dari china atau rusia),batasan tersebut dihapus atau si cracker men-create serial number atau keygen palsu. Kemudian mereka menyebarkannya secara cuma-cuma di internet.

    Inilah yang dinamakan software bajakan tersebut.sehingga software-software berharga ratusan dolar semisal Adobe Photoshop yang harganya $600 bisa didapat dengan download gratis atau dalam CD seharga 5000an! dan tentu saja itu mencuri!

Bagaimana cara membedakan program itu gratis atau tidak?
Cara termudah adalah mengunjungi website software tsb.kalo tidak tau alamat webnya buka menu Help -> About di software tersebut atau search di google nama software tersebut, misalnya:photoshop.

kalau di web software tersebut terdapat halaman pembelian semisal: buy,order,purchase berarti software tersebut tidak gratis. Apabila anda menggunakannya secara gratis dari mengcopy atau dari CD berarti anda menggunakan software bajakan!

Hukum Islam tentang HAKI(Hak Kekayaan Intelektual. Termasuk software).
Dapat dilihat di: http://pengusahamuslim.com/fatwa-perdagangan/hukum-hukum-perdagangan/770-hak-kekayaan-intelektual-dalam-islam.html

dapat disimpulkan dari situ bahwa memakai software bajakan termasuk perbuatan haram. Dan hukum tersebut tetap berlaku meskipun pembuat software adalah orang-orang kafir/non-muslim. Dari komen di post tersebut lebih mengerikan, harta yang diperoleh dengan menggunakan software bajakan tersebut juga haram!

Beberapa akibat dari memakan harta haram:
(sumber: http://ibnujafar86.wordpress.com/2009/07/10/akibat-memakan-makanan-yang-haram/)

  • Tidak terkabulnya doa.
  • Jika di shadaqahkan tidak mendatangkan pahala.
  • Allah tidak menerima shalat seseorang yang di dalam perutnya ada sedikit makanan haram.
  • Mendapatkan adzab Allah di akhirat nanti.

Ga mau kan makan harta haram? maka dari itu belilah software asli,kalau kemahalan gunakanlah program berlisensi gratis.”Tp kan software gratis fiturnya ga lengkap ato susah pengoperasiannya”. Ya iyalah! Gratis koq minta macem2, yang penting kan halal.

Kalo mau yang full featured ya belilah yang asli. Untuk membeli kunjungilah website software tersebut. Kemudian menuju halaman pembelian (order/buy/purchase/register). Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau Paypal, kemudian serial number akan dikirimkan ke email anda.

Berikut ini adalah daftar software-software berbayar beserta freeware(program gratis) alternatifnya.

No Nama Harga Asli Kategori Freeware Alternatif
1 3DSMax ~$5800 3D animation Blender
2 ACDSee ~$49 Image browser Faststone Image Viewer, IrfanView
3 Adobe Dreamweaver ~$400 Web design NVU
4 Adobe Flash Professional, SWiSH Max ~$700, ~$150 Flash editor
5 Adobe Photoshop ~$700 Image editor GIMP, Paint.net
6 Autocad ~$4500 CAD(Computer Aided Design) QCAD, DoubleCAD
7 ClipMate ~$35 Multi clipboard Ditto
8 CorelDraw ~$400 Vector Image Editor InkScape
9 Download Accelerator Plus ~$30 Downloader OrbitDownloader
10 GoodSync ~$30 File backup SyncBack
11 IconStudio ~$40 Icon Maker IcoFX
12 Microsoft Office ~$400 Office OpenOffice
13 Microsoft Visio ~$560 Diagram maker Dia
14 Nero ~$80 CD,DVD Burner CDBurnerXP
15 SmartFTP ~$40 FTP Client FileZilla
16 Total Commander ~40 File manager FreeCommander
17 UltraEdit, EditPlus ~$50, ~$35 Multi purpose editor Notepad++, PSPad
18 WinSnap ~25 Screen capture MWSnap
19 Winzip, WinRAR ~$30, ~$29 Compressor / Archiver IZArc
20 Multimedia format converter FormatFactory
21 Installer maker InnoSetup

Daftar di atas akan saya update terus ketika menemukan software gratis yang lain. Bagi yang mau nambahin saya persilahkan, terima kasih sebelumnya. Kalo yang lagi nyari freeware alternatif dan tidak menemukan, silahkan request di komen. InsyaAllah saya bantu cari.

Yang terakhir, tolong informasikan hal ini kepada saudara, teman, orang tua,dll anda agar mereka tidak memakan harta haram karena ketidaktahuan mereka. Kebenaran harus diungkapkan meskipun pahit.

6 Tanggapan

  1. info yang bagus sobat , salam kenal

  2. jika kita membeli sebuah komputer baru dari sebuah perusahaan. apakah sistem operasi windows yang ada di dalam komputer tersebut asli atau tidak?

  3. YANG BIKIN SOFWARE ORANG YAHUDI INI. MEREKA YANG MEMBUAT TEKNOLOGI MEREKA JUGA YANG MENGHANCURKANNYA SENDIRI, GW MAH PEMAKAI PRODUK PENGHANCUR MEREKA SENDRI.. FREEEEEEE

  4. lam kenal.
    Aku setuju banget kalau kita harus memakai yang banar banar free kalau tidak mau membeli. Aku juga sanagt tertarik dengan opensource . Bisa bagi informasi tentang opensource y boz. mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: