• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

Printer juga ingin dirawat =)

Printer juga inginlah diperlakukan dengan baik dan benar. Jika tak dirawat, printer bisa saja ‘ngambek’ dan kinerjanya menjadi tidak optimal. Berikut ini beberapa tips mengenai cara merawat printer secara mudah dan murah, dan efisien.

Gunakan Printer secara Periodik

Untuk mencegah kualitas cetakan yang buruk, gunakan printer Anda secara periodik sedikitnya 2-3 kali seminggu. Hal ini akan membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar. Jika Anda termasuk jarang menggunakan printer, barangkali Anda perlu secarik kertas untuk mengingatkan Anda mencetak dengan tinta warna atau hitam putih sedikitnya 2 kali seminggu untuk menjaga kelancaran aliran tinta.

Matikan Printer Jika Tidak Digunakan
Jangan lupa untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

Bersihkan Kotoran dalam Printer
Bersihkan bagian dalam printer setiap satu atau dua minggu, tergantung seberapa sering dan seberapa banyak Anda menggunakan printer. Hal ini akan menjaga kemampuan printer Anda dalam mencetak. Jangan lupa mengamati apakah ada benda-benda yang tertinggal di dalam printer seperti penjepit kertas dan sebagainya. Jangan simpan printer di tempat berdebu atau penuh serangga. Jika memang tempatnya berdebu, ada baiknya bungkus printer dengan plastik untuk melindunginya dari kotoran.

Jagalah Cartridge dengan Baik Ketika Mengganti Tinta
Cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus. Benda ini mungkin rusak jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi sinyalnya dengan komputer menjadi putus atau hasil cetakannya buruk. Karena itu, perlakukan cartridge dengan hati-hati.

Gunakan Diagnostic Tools
Seluruh printer mempunyai software pertolongan tentang bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Sediakan waktu mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permasalahan dalam printer Anda.

Matikan Printer Jika Gagal Mencetak
Kegagalan dalam mencetak atau error message yang kadang muncul, terkadang bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama sepuluh menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Cara seperti ini seringkali mampu mengatasi kegagalan mencetak dengan baik.

Tips diatas adalah tips untuk printer yg masih asli alias blm dimodifikasi. Untuk printer yg telah dimodifikasi, disini yg saya maksud adalah printer dengan sistem infus, memiliki langkah perawatan yg berbeda. Berikut ini perawatan untuk printer infus.

Pergunakan tinta refill yang berkualitas baik
Kualitas tinta refill yg jelek  dapat merusak head printer Anda. Maka sebab itu pastikan anda memilih jenis tinta printer yg berkualitas baik

Jangan biarkan printer Anda terlalu lama tidak dipergunakan
Bila anda membiarkan printer anda “menganggur” terlalu lama dapat membuat tinta di dalamnya menjadi kering. Lakukan printing atau pencetakan dengan printer Anda minimal seminggu sekali.

Pasanglah cartridge printer dengan benar

Karena setiap printer memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Jika Anda tidak yakin, bacalah buku manual printer Anda. Berhati – hati dalam pemasangan cartridge, karena bila salah dalam memasangnya akan menyebabkan kerusakan pada printer.

Jangan biarkan tinta habis dalam jangka waktu yang sangat lama
Hal ini dapat menyebabkan munculnya gelembung udara kecil dalam cartridge printer (clogging) yang dapat merusak kualitas print dan jika terus-menerus dapat merusak print head printer.

Lakukan proses clean-head
Lakukan proses ini jika kualitas printing atau pencetakan sudah mulai menurun. Anda bisa melakukannya secara berkala.

Jangan gunakan suntikan biasa saat me-refill tinta
Bila anda melakukan refill dengan suntikan biasa dapat menyebabkan clogging pada spon cartridge yg dapat mengakibatkan kerusakan pada cartridge.

Jangan mengisi tinta terlalu penuh
Karena jika tumpah maka tinta akan menyebar kedalam printer. Cairan tinta tersebut dapat merusak cartridge dan printer Anda.

Nah diatas td adalah beberapa tips untuk merawat printer anda biar awet. Selamat mencoba =D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: