• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

TIPS Gak Ngantuk Waktu Belajar*


Saia bukanlah seorang insomnia, saia paling gak bisa begadang kayak temen2 laen, saia tuh orangnya bosenan, kalo mulai bosen langsung deh tidur dalam hitungan detik. Makanya saia bikin blog Not-To-Sleep ini biar saia gak gampang tidur.

Dulu sih saia asik2 aja, ngapain begadang kalo gak begadang pun smw kerjaan/ tugas bisa selesai? Tapi sekarang, menginjak tahun terakhir kuliah, rasanya saia butuh extra time, tambahan waktu, rasanya waktu kuraaaaang bangetz… mulai banyak deadline, mulai banyak bikin prioritas, mulai sibuk (cielah…). Hwaaahh…. kayaknya tahun ini perlu bekerja dan berjuang lebih keras lagi >_<‘ huuuffftt

Saia akhirnya blog walking-walking dan menemukan beberapa tips yang menurut saia menarik untuk dicoba…

  1. Tidur siang. Sempatkan tidur siang walaupun cuma 1 jam saja. Jam tidur siang terbaik adalah setelah shalat Dhuhur dan sebelum Asar, karena dapat mengistirahatkan tubuh terutama syaraf disaat puncak stres tertinggi. Tidur siang ini berfungsi menggantikan waktu tidur yang hilang karna ibadah/ belajar di malam hari. Tidur siang ini juga merupakan sunnah Rasulullah Saw. dalam sabda beliau yang dinukilkan oleh Anas bin Malik ra:

    Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.
    (HR. Abu Nu’ain dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani رحم الله dalam Ash-Shahihah no.1637 : isnadnya shahih).

    Dengan tidur siang, otak kita akan lebih fresh dan bersemangat di malam hari. Di Jepang, perusahaan-perusahaan bahkan sudah menerapkan jam tidur siang dan ruang khusus bagi karyawannya agar lebih produktif dalam bekerja.

  2. Niatkan untuk belajar. Fokuskan pikiran kamu mau ngerjain apa, bikin planning, dan bikin target. Misal, pengen ngerjain tugas mata kuliah ini, baca buku ini bab ini, nejermahin buku itu bab itu. Kalo ada target, kita punya tujuan dan gak akan tidur sebelum menyelesaikan target itu.
  3. Berdoa. Tujuannya biar cepet nyerap materi, gak gampang ketiduran, dan ilmu yang kita peroleh mendapat ridho dari-Nya. Masih inget kan doanya? Doa sebelum belajar:

    Robbi zidni ilmaa, warzuqnii fahmaa

    yang artinya: Ya Alloh, tambahkanlah ilmu pengetahuanku dan berilah aku kepahaman

  4. Self talk.Self talk merupakan salah satu cara untuk menimbulkan sugesti yang baik untuk diri kamu agar tetap berfikir positif. Program ini merupakan program pikiran bawah sadar yang dilakukan dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”. Coba kamu lakukan sesering mungkin dan se-intens mungkin sehingga pikiran tersebut benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar kamu. Bagian inilah yang nanti akan mengingatkan dengan keras saat kamu mulai merasa ngantuk. Sugesti ini juga yang akan “protes” apabila kamu mulai terlena dengan rasa kantuk.
  5. Minum kopi.Tidak disarankan karena ada efek kafein yang kurang baik bagi kesehatan, tapi kalo cuma sesekali boleh lah… :)
  6. Refreshing. Kalo mulai ngantuk, badan rasanya pegel-pegel duduk di meja belajar, mata juga udah panas liat komputer, sebaiknya kamu refreshing sebentar. Jalan-jalan keluar kamar, ngobrol ma tetangga, maen game, update status fb, atau senam ringan. Ada referensi senam ringan yang oke punya nih, silakan klik di sini
  7. Setel musik favorit. Tips ini bisa dilakukan untuk mata kuliah yang sifatnya gak pake konsentrasi penuh. Belajar jadi asyik, kamu bisa enjoy dan rileks.
  8. Cuci muka atau berwudhu. Cara efektif buat ngusir syetan males + gampang ngantuk. Muka dan badan yang segar bisa membangkitkan kembali semangat belajar kita. Meskipun, efeknya tidak bertahan lama.
  9. Sikat gigi. Sikat gigi juga bisa bikin kita fresh kembali, coz katanya sih banyak syaraf di otak yang terkoneksi dengan gigi kita (Inget kan rasanya kalo lagi sakit gigi…). Gak ada salahnya juga kan, toh untungnya gigi kita malah jadi tambah bersih…. hehehehe
  10. Mandi. Heheeee… ini versi komplitnya tips no. 8 dan 9. Mandilah pake air dingin plus sabun yang paling wangi. Cuma mandinya jangan tengah malam, ntar bisa-bisa malah masuk angin -__-a. Sebaiknya mandi dilakukan sebelum kita mulai belajar. Bandingkan jika kita gak mandi, badan lengket semua, pasti jadi males deh.
  11. Banyak minum air putih. Sediakan seteko air putih di meja belajar. Minumlah secara periodik di sela-sela kegiatan belajar. Dehidrasi ringan itu awal hilangnya konsentrasi dan ujung-ujungnya kita bakalan jadi ngantuk.
  12. Variasikan cara dan tempat belajar. Biar gak ngantuk, bikin variasi belajarmu! Misal, belajar sambil jalan-jalan, sambil ngrangkum, sambil tiduran (tidak dianjurkan lho ya), sambil ngemil, sambil nggambar, sambil nonton TV, sambil nyuci, sambil nyetrika, sambil gosok kamar mandi, yang paling ekstrim tapi katanya manjur, sambil boker hihihi. Tempatnya juga macam-macam, bisa di kamar sendiri, di meja makan, di loteng, di teras, di kamar temen, di perpus, tapi hindari belajar di atas kasur… :D Boleh juga kamu bawa satu buku ke mana-mana, sapa tau ada waktu senggang yang bisa dimanfaatkan, contohnya waktu di bus kota, atau waktu nunggu temen/ pacar di toilet.
  13. Motivasi dan komitmen. Ini tips terampuh yang bisa diterapkan. Kalo kamu punya motivasi dan komitmen yang tinggi tentang alasan mengapa kamu harus belajar giat, kamu bahkan gak membutuhkan tips-tips di atas. Motivasi apapun yang positif, motivasi yang makro(jangka panjang)maupun yang mikro (jangka pendek), entah pingin ibadah cari ilmu, membahagiakan ortu, menarik perhatian cewek inceran, saingan sama musuh, membuktikan diri ke dosen, meneguhkan eksistensi (gak dianggep ada karena prestasi pas2an^^) dan banyak lagi motivasi lainnya. Temukanlah satu, pasang di dinding kamarmu.

Itulah tips-tips hasil walking-walking, mari kita terapkan bersama-sama (^,^)v

Satu Tanggapan

  1. bagus tips nya perlu di coba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: