• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

Reset password sudo/root di Ubuntu

Bagaimana jika suatu hari kita sudah menginstal Ubuntu dan tiba-tiba setelah login ke desktop atau konsol untuk pertama kalinya kita lupa dengan username atau password kita sendiri?

Jawaban singkatnya mungkin diinstal ulang lagi aja. Hehe. Instal ulang memang bisa menjadi solusi jika kita lupa username atau password kita tapi itu bukanlah cara yang efektif dan efisien mengingat akan menghabiskan waktu kita.

Sama seperti artikel saya sebelumnya tentang reset password administrator di Windows maka di Ubuntu sendiri ternyata lebih mudah lho untuk mereset password orang lain dan bahkan password user sudo/root (biasanya user account yang pertama kali dibuat).

Cara ini saya dapatkan dari salah satu forum Ubuntu dan sudah diujicobakan di salah satu komputer teman dan ternyata sukses merubah password user dia sehingga tanpa kesulitan saya dapat masuk ke desktop menggunakan username dan tentunya dengan password yang baru.

Caranya yaitu:

1. Restart komputer lalu tunggu sampai muncul menu Grub

2. Pilih Recovery mode

3. Ketika anda berada di Recovery mode maka anda sudah otomatis login sebagai user ‘Root’ atau jika memang ada lebih dari satu user di komputernya coba pilih “root” agar bisa masuk ke dalam shell.

4. Jika kita memang orang yang pertama menginstal Ubuntu di komputer kita maka coba tengok direktori home:

ls /home

Ingat-ingat nama username yang ada di direktori /home itu.

5. Seandainya kita tidak ingat juga nama username yang kita gunakan pertama kali karena mungkin ada lebih dari satu maka coba lihat file /etc/passwd dengan menggunakan program editor teks:

cat /etc/passwd

Secara default account user pertama kali dibuat itu mempunyai ID 1000, cari baris user di file tersebut yang memiliki ID 1000.

6. Dan jika sudah menemukan apa nama user pertama kalinya maka cukup direset saja passwordnya:

passwd namauser

dimana namauser adalah nama user dengan ID 1000 itu.

Meskipun artikel ini untuk mereset password user yang pertama kali dibuat namun di Ubuntu user yang pertama kali dibuat itu adalah user dengan hak akses sudo/root.

Semoga bermanfaat dan jangan disalahgunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: