• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

SBY Perlu Banyak Belajar dari Soeharto

AKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai perlu banyak belajar mengenai komunikasi politik dari mantan Presiden Soeharto. Sikap SBY yang cenderung mengabaikan persoalan politik yang mengemuka dan bicara pada isu tidak penting dianggap sebagai kegagalan SBY menjadi komunikator politik.

“SBY mesti banyak belajar dari Soeharto soal komunikasi politik, yaitu cool, tenang. Tapi pada suatu saat dia berbicara, berbobot sekali,” kata Tjipta seusai sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2/2010).

Pengajar di Universitas Pelita Harapan ini menilai, apa yang disampaikan Presiden SBY dalam beberapa pidatonya kerap kali hanya hal-hal yang sifatnya umum dan tidak menyentuh substansi persoalan.

Beberapa kali, sebutnya, SBY justru menanggapi persoalan yang seharusnya tidak ditanggapi oleh presiden, termasuk aksi unjuk rasa yang menampilkan kerbau beberapa waktu lalu. “Jangan setiap kali ini ngomong seperti anak kecil. Jadi komplain melulu,” ujarnya.

Pernyataan SBY mengenai wacana pemakzulan pun dinilai Tjipta tidak tepat. Ia mengingatkan, sesuai dengan konstitusi, SBY tetap bisa dimakzulkan. “Anytime SBY bisa saja ditendang, cuma sekarang susah memang memakzulkan presiden karena ada MK, tapi secara teoretis bisa,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: