• Welcome BVM Blog

    Teruslah mengasah ide-ide kreatif kalian, jangan berhenti disitu aja. Jika kita mau melakukan dengan sunggu" pasti BISA. Jadi teruslah membuat inovasi" baru.. So " Be Your Self "...
  • Translate

  • .:Silahkan Pilih:.

  • ::Collection::

  • My Popularity (by popuri.us)
  • ONLINE

6 Syarat Bikin Sistem Listrik Audio Mengalir Prima

KOMPAS.com — Mobil yang sudah dilengkapi dengan perangkat audio yang berlebihan tentu membutuhkan kelistrikan ekstra. Bila tetap mengandalkan aki standar, maka hal itu membuat suplai tidak prima.

Contoh, sebuah mobil punya aki bawaan 12 volt dengan arus 30 ampere. Ini berarti daya yang dihasilkan adalah 360 watt. Di lain hal, mobil tersebut sudah menggunakan lampu halogen dengan watt besar. Selain itu, power amplifier untuk mendongkrak sistem audio dipasang di kabin. Bila diasumsikan, lampu halogen 260 watt, klakson 140 watt, dan power amplifier 300 watt, maka totalnya adalah 700 watt. Sementara itu, daya yang dipunyai 360 watt. Ini berarti kurang 340 watt. Akibatnya, aki cepat tekor.

Ada 6 syarat agar sistem listrik audio tetap mengalir prima.

Alternator. Komponen ini harus bisa mengisi aki. Untuk itu, perhatikan kebersihan kabel-kabel. Kalau sudah menggunakan spek untuk SPL, penggantian alternator wajib dilakukan agar sistem bisa digunakan untuk memasok arus listrik besar.

Aki. Bila dilengkapi sistem audio, hal itu berarti menambah beban listrik, apalagi audionya mengandalkan daya besar. Kalau sebelumnya memakai aki 40 ampere, maka kini gantilah aki itu dengan yang berukuran 60 ampere.

Kabel aki. Menurut bos Radius Audio, Bandung, Erwin Kosasih, makin besar ukuran kabel aki, maka makin bagus karena makin mudah mengalirkan arus listrik. Lebih penting lagi, kabel positif dan negatif mesti sama.

Kabel “Ground”. Ground di sasis harus diampelas sebelum kabel negatif dipasang. Biasanya, titik terkuat dan terbaik adalah posisi seatbelt. Penambahan kabel ground amat efektif untuk membuat arus listrik stabil. Artinya, dari negatif aki, itu bisa disalurkan ke bodi, mesin, negatif alternator, dan lain-lain.

“Cap Bank”. Peranti ini juga tak kalah bagus perannya untuk mewujudkan arus yang stabil. Melalui komponen yang berfungsi menyimpan arus sementara ini, listrik akan selalu didistribusikan dengan baik. Hitungan untuk cap bank, 1 Farad untuk 1.000 watt. Untuk lebih aman, gunakan spek 2 Farad.

“Batcap”. Kalau ingin arus listrik lebih stabil lagi, bisa pakai batcap Xstatic. Produk ini terdiri dari beberapa tipe, yakni x300, x400, x800, dan x2000. Komponen ini menggabungkan aki dan cap bank. Dengan penampungan besar, arus yang keluar besar, stabil, dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: